Monday, December 24, 2018

Pengertian dan Sejarah Singkat Java

Apa itu java?

Java adalah sebuah bahasa pemrograman untuk berbagai tujuan, bahasa pemrograman yang concurrent, berbasis kelas, dan berorientasi objek yang dirancang secara khusus untuk memiliki sedikit kemungkinan terhadap ketergantungan dalam penerapannya.

Java dikembangkan pada tahun 1990 oleh seorang insinyur dari perusahaan Sun Microsystem yaitu James Gosling sebagai bahasa pemrograman yang berperan sebagai otak untuk peralatan pintar (seperti TV Interaktif dan Oven Serba bisa).

Bahasa ini banyak mengadopsi sintaks dari bahasa pemrograman lain seperti bahasa C dan bahasa C++, namun dengan sintaks yang modelnya lebih sederhana.

Pada saat itu James Gosling meraasa kurang puas dengan hasil yang ia peroleh ketika menulis program dengan bahasa C++ dan bahasa pemrograman lainnya, sehingga dia menulis programnya menggunakan bahasa pemrogramannya sendiri yang sesuai dengan kebutuhannya.

Nama pertama Java saat pertama kali dirilis bukanlah Java, akan tetapi adalah Oak yang kemudian berganti menjadi Green dan pada akhirnya berganti lagi menjadi Java, nama Java sendiri berasal dari nama Kopi Jawa (Java Coffee).





Bagian pada java dan fungsinya.

1. JDK (Java Development Kit) , berfungsi untuk melakukan kompilasi kode dari bahasa java ke bytecode agar dimengerti olej JRE.

2. JRE (Java Runtime Environtment), berfungsi untuk menjalankan aplikasi yang dibangun oleh java dan mengeksekusi bytecode dimengerti JVM yang kemudian diteruskan ke prosesor.

3. JVM (Java Virtual Machine), berfungsi untuk mengubah bahasa program ke bahasa mesin dan membuat agar java dapat dijalankan di berbagai platform.

Kelebihan Java.

1. Multiplatform, ini memiliki arti bahwa Java dapat dijalankan diberbagai sistem operasi.

2. Berbasis pada Object Oriented Programming.

3. Java memiliki library yang lengkap.

4. Gaya bahasanya mirip dengan C++ sehingga mudah dalam memahaminya.

5. Adanya Garbage Collection yaitu sistem manajemen memori yang dapat membantu programmer dalam menghapus memori dari suatu objek yang tidak terpakai secara otomatis.

Pengertian dan Sejarah Singkat Java Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Andi Lestianto

0 komentar:

Post a Comment

 
close