Sunday, December 23, 2018

Pengertian dan Konsep OOP / Object Oriented Programming


1. Pengertian OOP
object oriented programming/OOP/Pemrograman Berorientasi Object adalah sebuah pemrograman yang berdasarkan pada suatu konsep (objek) yang dapat berisi dengan data, dalam bentuk field (atau dikenal juga dengan sebutan atribut) serta kode, dalam bentuk fungsi atau prosedur (dikenal juga dengan sebutan method)

2. Class
Class dalam object oriented programming digumakan untuk mengkapsulasi atau membungkus data dan abstraksi prosedural yang diperlukan untuk menggambarkan isi dan tingkah laku dari berbagai jenis entitas

3. Objek
Objek dalam object oriented programming digambarkan sebagai benda, orang, tempat dan lain sebagainya yang ada di dunia nyata, objek sangat penting dalam sebuah aplikasi agar kita dapat menentukan atribut maupun method pada aplikasi yang kita buat

4. Atribut
Atribut dalam object oriented programmming merupakan data yang dapat berisi informasi dari suatu kelas atau objek.

sebagai contoh kita ambil benda, yaitu mobil, dalam objek mobil tersebut memiliki atribut yaitu warna, merk, tahun pembuatan dan lain sebagainya

5. Method
Method dalam object oriented programming adalah suatu operasi berupa fungsi-fungsi atau prosedur yang dapat dikerjakan oleh suatu kelas atau objek.

sebagai contoh kita ambil benda, yaitu mobil, dalam objek mobil tersebut memiliki method yaitu maju, mundur dan berhenti





6. Inheritance (Pewarisan)
Inheritance (Pewarisan) adalah konsep pemrograman dimana sebuah class dapat menurunkan atribut dan method yang dimilikinya kepada class lain.

Konsep inheritance memanfaatkan fitur code reuse (Penggunaan ulang kode) untuk menghindari duplikasi kode program.

Konsep inheritance membuat sebuah struktur (hirarki) class pada kode program. Class yang akan diturunkan disebut sebagai class induk (parent class), super class, atau base class. Sedangkan class yang menerima turunan disebut sebagai class anak (child class), sub class, derived class atauheir class.

7. Encapsulation (Pembungkusan)
Encapsulation adalah konsep yang bertujuan untuk membungkus atau mengkapsulkan data dan metode yang tersembunyi dalam sebuah class agar tidak dapat di akses secara sembarangan oleh class lain.

Encapsulation juga sangat penting untuk keamanan serta menghindari dari kesalahan permrograman.

8. Abstraction (Abstraksi)
Abstraction dapat diartikan sebagai cara pandang kita terhadap suatu sistem yang terdiri dari kumpulan subsistem yang saling berinteraksi. Subsistem dapat diartikan sebagai suatu objek.

Contohnya pada televisi, di dalam televisi terdapat berbagai macam subsistem, seperti : sistem antena dan channel, sistem playback, sistem pewarnaan, sistem on, sistem off dan lain sebagainya.

9. Polymorphism
Polymorphism adalah kemampuan dari sebuah objek untuk untuk memiliki beberapa bentuk yang berbeda. Secara bahasa, “poli” berarti banyak sementara “morph” berarti bentuk.

Polymorphism mempunyai peran penting yang memungkinkan sebuah objek memiliki struktur internal yang berbeda untuk digunakan pada antarmuka eksternal yang sama.

Pengertian dan Konsep OOP / Object Oriented Programming Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Andi Lestianto

0 komentar:

Post a Comment

 
close